BAB 2
Pengertian Sistem Informasi
Pengertian
bisnis.
Bisnis
merupakan suatu kegiatan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (profit)
Menurut
alter (1992), SI adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan
teknologi informasi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah
organisasi.
Menurut
Gelinas, Oram dan Winggins (1990), SI adalah suatu sistem buatan manusia yang
secara umum terdiri dari sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang
di buat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan
informasi kepada keluaran kepada para pemakai.
Sistem
infomasi adalah sekumpulan sub-sub sistem yang saling bekerja sama, untuk
menghasilkan tujuan tertentu yakni menghasilkan informasi.
Pengertian
Teknologi Infomasi (TI)
Menurut
Alter (1992), TI mencakup perangkat keras perangkat lunak untuk melaksanakan
satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti, menangkap, mentransmisikan,
menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
Data Informasi
Data
adalah sesuatu yang belum punya arti/ kumpulan fakta yang belum bernilai.
Sedangkan Informasi adalah kumpulan yang telah bernilai
Bagi pihak manajemen organisasi
bisnis, data informasi sangat penting karena membawa manfaat bagi bisnis
mereka. Yaitu untuk :
A.
Data Procesing (proses pengolahan data
menjadi informasi):
·
Classification (Pengelompokan)
·
Rearranging/ sorting (Diurutkan)
·
Aggregating (rata-rata)
·
Perfoming Calculations (Pengalian terhadap
jam kerja)
·
Selection (Potensial Customer)
B.
Value Of Information (nilai informasi)
·
Tangible Value : Nilai atau ke untungan yang
dapat di ukur secara langsung
·
Intagible Value : Nilai atau ke untungan yang
tidak bisa di ukur secara langsung
C.
Source Of
Information (sumber daya informasi)
·
Formal Communication : Format khusus/standart
laporan ketentuan dari pihak organisasi.
·
Informal Communication : informasi yang tidak
resmi atau hanya dari mulut ke mulut.
D.
Quality Of Information (kualitas informasi)
Informasi
yang berkualitas yaitu informasi yang benar, akurat dan nyata.
Dalam
sistem informasi, terdapat 3 macam
dimensi.
1.
Time Dimension (dimensi waktu):
a.
Timeline : informasi yang selalu bisa di
dapat kapanpum dan dimanapun.
b.
Curency : informasi yang disajikan harus
terbaru (up-to-date)
c.
Frequency : informasi yang disajikan secara
berkala(harian, mingguan, bulanan, tahunan)
d.
Time Period :
-
Informasi masa lalu, saat ini ada sehingga
bisa dilakukan proses peramalan (forecasting)
-
Dapat memberikan informasi tentang masa lalu,
saat ini dan masa mendatang
2.
Content Dimension
a.
Accuracy : informasi harus bebas dari
kesalahan
b.
Relvance :
-
Informasi harus up to date
-
Informasi terkait dengan informasi yang
dibutuhkan (bermanfaat)
c.
Completness : mampu memberikan semua
informasi yang di butuhkan
d.
Conciseness : informasi ringkas, hanya sesuai
pada bagian yang di inginkan saja
3.
Form dimension
a.
Clarity : informasi mudah untuk di pahami
b.
Detil : informasi di sajikan secara detil dan
ringkas
c.
Presentation : informasi berbentuk naratif,
numerik, grafis, dan bentuk lainnya
d.
Media : informasi bisa di sajikan dalam
berbagai macam bentuk media.
Jadi, dengan adanya konsep sistem
informasi sangat membantu seseorang dalam mengelola organisasi dan bisnis ,
sehingga tujuan organisasi dan bisnis dapat tercapai sampai tujuan.
BAB 3
Level of Information System
Level Of Organization :
·
Operational/ Struktur
o Tipe pekerja : Lower management, department manager,
analyst, staf
o
Focus : Internal, functional
o
Miss requiment : Information
o
Decision Type :
Structured, repetitive
§ Contoh :
Berapa banyak orang yang sakit hari ini
§ Apa kebutuhan [roduksi minggu depan
·
Managerial / Semi Struktur
o Type pekerja
: Midle management, managers, directors
o Focus :
Internal, Cross functioanal, (some times external )
o Miss requiment : Businnes intelligent
o Decision
type : Semi structured
o
Fokus tujuan : Officiency and effectivines
§ Contoh : What are sales forecast for next month
·
Strategic
/ Tak Terstruktur
o
Type
pekerja : Senior management, President, Leader
o
Focus
: Eksternal, Industry, Cross, Company
o
Time
frame : Long term – yearly
o
Miss
requiment : Know ledge
o Tujuan focus : Efectives
§ Contoh : Trend industry yang mana
yang harus di analisis
Sistem Informasi Dan Fungsional Manajemen
Di
dalam sebuah manajemen strategi, kegiatan bisnis perusahaan berfokus 3C , yaitu :
Ø Customer : pelanggan
merupakan aset yang sangat berharga di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya
pelanggan, maka perusahaan memperoleh pasar, memperoleh profit. Untuk itu
banyak perusahaan yang beramai-ramai meningkatkan kinerja mereka untuk
memperkuat interaksi mereka dengan pelanggandengan tujuan memberikan kepuasan
kepada pelanggan, sehingga memberikan penilaian yang positif bagi pelanggan
terhadap perusahaan. Perusahaan juga tentu akan terus mempertahankan pelanggan
setia mereka sebagai sumber pendapatan mereka.
Ø Company : perusahaan
dalam melakukan aktivasinya memiliki motivasi yang cukup beragam. Pada
prinsipnya, apapun motivasi yang melandasi berdirinya suatu perusahaan, dapat
di pastikan bahwa pendiri perusahaan memiliki suatu tujuan. Perusahaan hanya
dapat mengendalikan komponen-komponen seperti biaya produksi, biaya adsminitrasi,
harga jual, dan promosi. Jika perusahaan capital intensive mesin produksi
mungkin merupakan aset utama yang perlu di monitor kinerjanya ketersediaan, jam
kerja, rasio jumlah produksi terhadap kapasitas maksimal. Pada perusahaan
sistem integrasi, manusia merupakan aset utama. Perusahaan yang lebih mampu
menghadapi persaingan yang ketat pada bisnis teknologi informasi.
Ø Competitors, Promosi adalah strategi
pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era
informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh
bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.Suatu produk tidak
akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya,
keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah
konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan
informasi yang jelas.
0 komentar:
Posting Komentar