ü Trend dari strategi bisnis saat ini mengarah
pada penggunaan Aplikasi Interaktif, yaitu
aplikasi yang digunakan untuk komunikasi, kolaborasi, saling berhubungan,
melakukan e-commerce secara real time, dan tidak terbatas jarak.
ü Bagi seorang manager, penggunaan teknologi
informasi dalam bisnis tidak lagi hanya untuk pendukung kegiatan bisnis, tetapi
sebagai keunggulan kompetitif.
Dalam dunia
bisnis, fokus kesempatan berfokus pada “agility”
dan “mobility”
- Teknologi ada dalam genggaman konsumen, ini berarti teknologi informasi yang
digunakan perusahaan harus dapat beradaptasi dengan kondisi pasar sehingga
dapat memenangkan persaingan yang ketat. Keuntungan kompetitif umumnya
bersifat sebentar karena salah satunya mudah ditiru oleh kompetitor, oleh
karena itu perlu peningkatan atau pengembangan lebih lanjut.
- Kesempatan pada pasar mobile, adanya teknologi tablet dan smartphone
yang menggantikan posisi PC, menyebabkan manusia modern sangat bergantung
pada barang ini. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik, karena
konsumen dapat membuka konten-konten di internet dengan mudah, dimana saja
dan kapan saja.
Inovasi
dikatakan dapat mengakibatkan pertumbuhan
keuntungan jika :
-
Menciptakan
lahan keuntungan baru
-
Meningkatkan
permintaan akan produk atau servis yang baru
-
Menarik
konsumen baru
-
Membuka
pasar baru
-
Mendukung
jalannya perusahaan selama beberapa tahun ke depan
Ekonomi
digital ditandai oleh beberapa hal yaitu :
1.
E-Business :
Perpaduan antara bisnis dengan internet, atau dengan kata lain semua proses
bisnis dijalankan secara elektronik
2.
Kolaborasi :
Antar individu, antar organisasi, antar divisi saling terhubung dengan internet
mencari informasi
3.
Pertukaran
informasi : Penerimaan, penyimpanan, pengolahan dan transformasi informasi
Model bisnis
adalah:
Sebuah metode untuk menjalankan
sebuah bisnis dimana sebuah perusahaan dapat menimbulkan pemasukan atau untuk
mempertahankan eksistensinya. Model tersebut meliputi cara-cara bagaimana
sebuah perusahaan dapat menambah nilai produk mereka
Menurut
McKay dan Marshall (2004), ada 6 elemen dalam model bisnis :
- Sebuah deskripsi mengenai semua
produk, baik barang maupun jasa, yang akan ditawarkan
- Sebuah deskripsi mengenai proses
bisnis yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan jasa
- Sebuah deskripsi mengenai pelayanan
terhadap konsumen dan hubungan antara perusahaan dengan konsumen
- Sebuah daftar yang berisi sumber daya
yang dibutuhkan (mana yang tersedia, yang harus develop in-house, dan
diperoleh)
- Sebuah deskripsi mengenai rantai
pasok perusahaan (dari pemasok hingga rekan bisnis)
- Sebuah deskripsi mengenai penerimaan
yang diharapkan, perkiraan biaya, sumber-sumber pembiayaan,
dan estimasi keuntungan
Dan yang
terakhir, sebuah bisnis model juga dapat menjelaskan keuntungan dan kerugian
dalam penggunaan bisnis model tertentu
ü Sistem informasi mengumpulkan, menyimpan,
mengolah, menganalisa dan mendistribusikan informasi untuk tujuan tertentu
Fungsi dasar
sistem informasi adalah :
1.
Input, data
atau informasi yang ditangkap atau dikumpulkan
2.
Proses, data
ditransformasi, dikonversi, dan dianalisa untuk disimpan atau didistribusikan
ke alat output
3.
Output,
hasil dari proses yang berupa informasi atau bahkan masih data yang dikeluarkan
pada alat output
4.
Feedback,
diatur oleh sebuah mekanisme.
Komponen
dari sistem informasi adalah
1.
Hardware
2.
Software
3.
Data
4.
Jaringan
5.
Prosedur
atau aturan-aturan
6.
Manusia/Individu
Kemampuan
utama dari sistem informasi dan kaitannya dalam mendukunng tujuan bisnis :
-
Menawarkan
kecepatan tinggi, volume yang tinggi, pengolahan angka
-
Menyediakan
kecepatan, akurasi komunikasi, dan kolaborasi tanpa batasan waktu dan tempat
-
Menyimpan
informasi dalam jumlah yang besar dan mudah diakses melalui internet
-
Otomasi atau
semi otomasi penanganan proses bisnis
-
Mampu
mengotomatisasi pengambilan keputusan yang rutin dan memfasilitasi pengambilan
keputusan yang kompleks
Kemampuan
sistem informasi mendukung beberapa tujuan bisnis, yaitu :
-
Meningkatkan
produktivitas
-
Menurunkan
biaya dan limbah
-
Meningkatkan
kemampuan untuk membuat keputusan
-
Menfasilitasi
kolaborasi
-
Meningkatkan
hubungan dengan konsumen
-
Mengembangkan
kemampuan analisa yang baru
-
Menyediakan
kemampuan timbale balik
Ada 2 hal
yang kebutuhan yang fundamental untuk memanajemen peforma:
-
“Being able
to measure”, manajer harus memastikan bahwa semua unsur bisa diukur, atau
dinilai dengan sutuan tertentu
-
Mengetahu
bahwa semua aspek yang diukur memang benar harus diukur, termasuk mengetahui
siapa saja yang berhak menerima hasil pengukuran performa
Proses
pengukuran peforma adalah serangkaian proses yang terus menerus, meliputi :
-
Memutuskan
batasan level peforma yang diinginkan, berhubungan dengan apa yang
perusahaan/organisasi ingin capai
-
Menentukan
bagaimana cara mencapai level peforma tersebut
-
Mengevaluasi
mengenai keberadaan perusahaan terhadap tujuan secara periodic
-
Menyesuaikan
tujuan
Tekanan
bisnis pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 yang utama, yaitu :
1.
Lingkungan
bisnis yang kompetitif
·
Persaingan
global yang kompetitif
·
Perubahan
terhadap SDM
·
Konsumen
yang memiliki kekuatan ekonomi yang besar
2.
Lingkungan
sosial secara umum, termasuk regulasi pemerintah
·
Tanggung
jawab terhadap lingkungan sekitar
·
Isu etika
·
Ancaman
terhadap serangan teroris
3.
Teknologi
informasi, termasuk inovasi TI dan data yang berlimpah
Jenis
response perusahaan terhadap tekanan yang datang :
- Mengembangkan sistem strategis
- Memperkenalkan program untuk mendekatkan
diri dengan customer dan meningkatkan loyalitas customer
- Meningkatkan sistem pengambilan
keputusan dan peramalan
- Merestrukturisasi kembali proses
bisnis dan organisasi
- Menggunakan pendekatan self-service
- Menggunakan metode rantai pasok baru
- Menawarkan sistem yang mendukung
hubungan dengan rekanan
- Menggunakan e-commerce
- Membagi informasi dan manajemen
pengetahuan
- Mengunakan enterprise system
- Go green
- Menekan waktu siklus (pada umumnya
produksi)
ü Analisa SWOT bisa digunakan untuk menganalisa
strategi perusahaan, analisa ini berupa kumpulan mengenai kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman sebuah perusahaan.
ü Perencanaan strategis adalah sekumpula proses
dimana sebuah organisasi menentukan dan menyusun jalan bisnis atau layanan
sehingga organisasi tetap dalam kondisi sehat dan berjalan normal meski ada
beberapa kejadian yang dapat mengganggu satu atau lebih dari proses bisnis,
pasar, produk atau layanan
Beberapa
jenis keunggulan competitive :
1.
Keunggulan
harga
2.
Diferensiasi
3.
Pasar kecil
4.
Pertumbuhan
bisnis yang pesat
5.
Peningkatan
aliansi
6.
Efektifitas
dalam operasional
7.
Orientasi
terhadap konsumen
8.
Efisiensi
waktu
9.
Membuat
penghalang bagi pesaing dalam memasuki pasar
10.
Mengunci
pemasok dan konsumen
11.
Meningkatkan
biaya pergantian
Dalam Porter’s value chain model, terdapat 5
kegiatan pokok dalam organisasi manufaktur, yaitu :
1.
Inbound
logistic (pemasukan bahan baku dan pemasukan bahan penunjang)
2.
Operations
(proses manufaktur dan pengecekan)
3.
Outbound
logistic (pengemasan, penyimpanan, dan pendistribusian)
4.
Marketing
and sales (kepada pembeli)
5.
Services
Selain
kegiatan pokok, ada kegiatan pendukung yang menunjang kegiatan pokok, yaitu :
1.
Infrastruktur
perusahaan (akuntasi dan keuangan)
2.
Manajemen
sumber daya manusia
3.
Pengembangan
teknologi
4.
Procuremet
(pengadaan)
KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI
(KONSEP, TIPE, DAN PENDUKUNG)
Hubungan
antara bagian-bagian dalam sistem informasi ditunjukkan dalan gambar berikut:
ü Dimulai dari proses transaksi yang memiliki
interface (contohnya adalah ATM), sebuah sistem pemrosesan transaksi
(Transaction Processing System-TPS), memproses data (verifikasi dana yang
tersedia, dikurangi dengan dana yang akan diambil) kemudian memperbarui dan
menyimpan data ke dalam database.
ü Data kemudian diekstrak dari database dan
diorganisir sedemikian rupa menjadi sebuah laporan dengan sistem informasi
manajemen (Management Information System-MIS). Didalam ini adalah proses
merubah data mentah menjadi sebuah informasi yang bernilai
ü Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
membutuhkan data dan model untuk dianalisa yang dilakukan oleh sistem pendukung
keputusan (Decision Support Sytsem-DSS)
ü Data yang diekstrak dari database
ditransformasikan ke dalam format standar dan kemudian dimasukkan ke dalam
datawarehouse
ü Proses DSS tidak bisa dilakukan dengan
dukungan database melainkan datawarehouse, karena sifat database yang
berubah-rubah dan tidak diperuntukkan untuk analisa
Infrastruktur
IT adalah :
Kumpulan dari hardware,
software, proses, jaringan dan pengguna. Desain dari infrstruktur IT
menjelaskan kemampuan efisiensi dalam penyimpanan, perlindungan dan manajemen
data sehingga mudah untuk diakses, dicari dan didistribusikan
Software
aplikasi bisnis adalah :
Program komputer yang mendukung
sebuah tugas bisnis atau proses bisnis yang spesifik. Aplikasi ini bisa
mendukung atau menunjang kerja individu, departemen atau divisi, area
fungsional, atau keseluruhan perusahaan.
Sistem
informasi dibangun untuk mencapai beberapa tujuan, salah satu tujuan kunci
adalah merubah data menjadi informasi atau pengetahuan
-
Data, adalah
bahan baku dari mana informasi berasal. Kualitas, kehandalan dan integritas
data harus dipertahankan dan dirawat
untuk menjamin hasil informasi yang baik
-
Informasi,
adalah data yang telah diproses, diorganisir sedemikian rupa, disajikan dalam
bentuk tertentu sehingga telah memberikan nilai lebih pada penerimanya
-
Pengetahuan,
terdiri dari data atau informasi yang telah diproses, diorganisir, dan
dimasukkan ke dalam sebuah konteks tertentu dan merupakan akumulasi
pembelajaran dan keahlian tertentu yang dapat digunakan untuk masa sekarang
atau masa mendatang
Transaksi
yang ditangani oleh TPS, dibedakan menjadu 2, yaitu :
1.
Internal
Transaksi yang berasal dari intern perusahaan
atau terjadi di dalam perusahaan
2.
External
Transaksi yang melibatkan pihak dari luar
perusahaan, seperti konsumen, pemasok atau rekanan bisnis
Pengolahan
transaksi diselesaikan dalam 2 model, yaitu :
1.
Bacth
processing (Berkala)
2.
Online
Transaction processing (OLTP) atau real time processing
Berikut
adalah transaksi rutin dalam sebuah bisnis :
-
Penggajian
dan sumber daya manusia (penilaian peforma)
-
Purchase
(Pemesanan)
-
Keuangan dan
akuntansi
-
Penjualan
-
Produksi
-
Manajemen
penyimpanan (Gudang)
Ada beberapa
tipe pembuatan laporan, yaitu :
1.
Periodic,
pembuatan dilakukan sesuai dengan jadwal tertentu atau waktu tertentu secara
periodik
2.
Exception,
pembuatan dilakukan diluar jadwal karena ada suatu hal atau kejadian yang
diluar perkiraan, bisa karena kelebihan atau kekurangan
3.
Ad Hoc,
pembuatan dilakukan tanpa perencanaan, dibuat sesuai permintaan, biasanya untuk
mendukung laporan yang sudah ada
2 Jenis
keputusan yaitu :
-
Testruktur,
relatif mudah dan dibuat secara teratur, jenis keputusan seperti ini bisa
dilakukan dan dipastikan bisa selesai secara konsisten dengan sistem informasi
-
Tidak
terstruktur, tergantung pada kecerdasan manusia, pengetahuan dan pengalaman
untuk penyelesaian sebuah masalah
3
Karakteristik sistem pendukung keputusan adalah :
-
Menggunakan
tampilan atau tatap muka yang mudah digunakan
-
Menggunakan
model yang bisa digunakan untuk what-if analisa, analisa sensitifitas,
pencapaian tujuan dan analisa resiko
-
Data baik
dari dalam maupun luar perusahaan digunakan, ditambahkan atau dikurangi oleh
pembuat keputusan, yang dapat menambah wawasan yang relevan dalam menyelesaikan
permasalahan dalam situasi tertentu
Berikut
adalah tipe sistem informasi :
1.
Management
Information System (MIS), digunakan oleh manaher operasional, menyediakan informasi
rutin mengenai perencanaan, pengaturan, dan pengendalian operasional untuk area
fungsional
2.
Decision
Support System (DSS), digunakan oleh pengambil keputusan atau manajer,
mengkombinasikan antara model dan data untuk penyelesaian problem yang semi
terstruktur dengan melibatkan pengguna
3.
Business
Intelligent (BI), digunakan oleh pengambil keputusan, manajer dan knowledge
worker, mengumpulkan dan menggunakan data dengan jumlah yang banyak untuk
analisa dengan analisa bisnis dan sistem cerdas
4.
CAD/CAM, digunakan
oleh teknisi dan orang-orang perencanaan, membantu para teknisi untuk mendesain
dan menguji prototypes
5.
Electronic
Record Management System, digunakan oleh manajer dan knowledge worker,
pengaturan otomatis, pengarsipan lalu lintas dokumen elektronik
6.
Knowledge
Management System (KMS), digunakan oleh knowledge worker, mendukung atau
menunjang pengumpulan, pengorganisasian, dan penggunaan pengetahuan dalam
perusahaan
7.
Data mining
and Text Mining, digunakan oleh knowledge worker dan professional, mampu belajar
dari masalah yang sudah terjadi meskipun tidak lengkap
8.
Automated
Decision Support (ADS), digunakan oleh frontline employees dan manajer
operasional, mendukung kerja pelayanan konsumen untuk menyelesaikan
masalah-masalah kecil
5 Komponen
infrastruktur IT adalah :
-
Hardware
-
Software
-
Jaringan dan
fasilitas komunikasi
-
Database dan
pekerja data
-
Manajemen
informasi individu
MANAJEMEN DATA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA
BISNIS
ü Banyaknya data dalam sebuah organisasi
menyebabkan susahnya pencarian data/informasi, atau biaya untuk pengolahan data
melebihi nilai dari data/informasi tiu sendiri
ü Manajemen data, teks, dan dokumen membantu
perusahaan untuk meningkatkan produktifitas dengan memastikan individu untuk
menemukan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.
ü Tidak ada perusahaan menjadi efektif tanpa
kualitas yang baik dari data dan kemudahan mengakses ketika diperlukan
ü Visualisasi data adalah cara menampilkan data
dengan cara tertentu agar mudah dimengerti dan dipahami oleh pengguna atau
penerima
Database :
Menyimpan data perusahaan yang
diperoleh dan dibuat dari aplikasi bisnis , seperti penjualan, akuntansi dan
data pegawai.
Datawarehouse
:
Spesialisasi dari database,
mendapatkan data dari database transaksi sehingga bisa digunakan untuk analisa.
Data Management
adalah :
Pendekatan terstruktur untuk
menangkap, menyimpan, memproses, mengintegrasikan, mendistribusikan,
mengamankan, dan mengarsip data dalam siklus hidup data
Enterprise
Portal adalah :
Sekumpulan aplikasi yang saling
berkonsolidasi, manajemen, analisa, dan didistribusikan kepada pengguna melalui
tatap muka berbasis website
Berikut
adalah beberapa jenis tantangan dalam pengolahan portal, yaitu :
-
Jumlah data
meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu
-
Eksternal
data yang digunakan untuk pengambilan keputusan meningkat (jumlahnya)
-
Data
tersebar
-
Kemanan
data, integritas, dan kualitas
-
Data
redudansi atau kadaluarsa
-
Data bisa
dibuat dan digunakan secara offline
Master Data
Management
Suatu proses dimana perusahaan
mengintegrasikan data dari berbagai sumber dari aplikasi perusahaan untuk
menyediakan pandangan yang lebih baik (universal) terhadap data.
Berikut
adalah beberapa masalah data, yaitu :
-
Kesalahan
data, solusinya adalah otomatisasi dalam memasukkan data
-
Duplikasi
data, solusinya adalah desain ulang model data dan normalisasi hubungan
database
-
Keamanan
data, solusinya adalah implementasi keamanan data
-
Kehilangan
data, solusinya adalah penanda dalam form masuk
Berikut
adalah tahapan text mining dan analisa adalah sebagai berikut :
1.
Exploration,
dokumen-dokumen dieksplorasi, dikumpulkan dan ditentukan topiknya
2.
Preprocessing,
dilakukan sebelum analisa, standarisasi
3.
Categorizing
and Modelling
2 Jenis
database adalah
-
Centralized
Database, semua data dan data yang saling berelasi disimpan dalam satu lokasi
fisik
-
Distributed
Database, semua data dan data yang saling berelasi disimpan dalam beberapa
lokasi fisik
Keuntungan
dan kemampuan Database Management System adalah:
-
Permanence,
semua data disimpan secara tetap dan permanen, sampai dihapus atau dirubah
-
Querying,
proses untuk meminta data dengan perspektif tertentu
-
Concurrency,
menyimpan atau membaca satu data secara bersamaan oleh beberapa pengguna
-
Back up and
replication, cadangan jika terjadi kesalahan
-
Rule
enforcement, penerapan aturan untuk menjaga data tetap bersih dan terpecaya
-
Security,
adanya pembatasan yang jelas
-
Computation,
komputerisasi proses
-
Change and
access logging
-
Automated
optimization
Fungsi dari
Database Management System adalah :
-
Data
filtering dan profiling, mengecek konsistensi, kesalahan, redudansi atau
pengulangan, dan informasi yang tidak lengkap
-
Data quality,
pembenaran, penstandarisasian, verifikasi integritas data
-
Data
synchronizing, integrasi, pencocokan, dan penghubungan antara satu sumber
dengan sumber yang lain
-
Data
enrichment, meningkatkan data dengan sumber dari dalam dan luar perusahaan
-
Data
maintenance, pengecekan secara berkala terhadap integritas data
KEAMANAN PERUSAHAAN UNTUK PROSES BISNIS
Berikut
adalah istilah-istilah dalam keamanan sistem informasi :
1.
Phising,
serangan berupa website yang menyerupai website tertentu, tetapi berbeda alamat
(biasanya menggunakan alamat yang hampir mirip). Digunakan untuk mengelabui
pengguna sehingga mereka memasukkan data rahasia mereka, seperti username dan
password
2.
DoS,
serangan terhadap service, dimana sebuah jaringan atau website mengirim jumlah
permintaan service yang sangat banyak kepada sebuah computer atau client
sehingga menyebakan “crash service” atau computer tidak bisa berfungsi
3.
Worm, Worm
berbeda dengan virus, dapat menyerang alat apapun, baik itu PC, notebook dan
smartphone tanpa bantuan atau intervensi dari manusia. Worm menyebar di
jaringan dan menyerang apapun yang mereka hinggapi
4.
Trojan,
serangan yang memungkinkan penyerang memiliki akses terhadap computer tertentu
melalui sebuah jaringan.
5.
Spam,
serangan yang pada umumnya berbentuk email (Sampah), dimana computer yang
terinfeksi secara tidak sadar mengirimkan email kepada computer lain yang
sehat.
0 komentar:
Posting Komentar