1. Enterprise
Collaboration System
·
Enterprise Collaboration Systems (ECS)
adalah jenis sistem informasi (IS). ECS adalah kombinasi dari groupware,
peralatan, Internet, extranet dan jaringan lain yang diperlukan untuk mendukung
enterprise-wide communications, seperti berbagi dokumen dan pengetahuan dalam
perusahaan.
Beberapa contoh alat
komunikasi perusahaan termasuk email, video conferencing, sharing dokumen
kolaboratif, alat manajemen proyek dan lain-lain.
Tujuan dari ECS adalah
untuk memberikan setiap pengguna dengan alat untuk mengelola , dokumen dan
informasi lainnya yang diperlukan untuk mengelola tugas secara efisien .
2. Enterprise
Document Management/ Enterprise Information Portal
·
EIP (enterprise information portal), juga
dikenal sebagai portal bisnis, adalah suatu sistem berbasis Web yang dirancang
oleh perusahaan agar para pemakai intranet dan pemakai extranet dapat mengakses
informasi dan layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Aplikasi bisnis
internal juga digunakan untuk mendukung sistem pendukung manajemen. Dengan
melakukan koneksi ke Internet, para manajer yang sedang bertugas diluar kota
dapat memperoleh informasi terkini yang tersimpan dalam basis data perusahaan.
3. Enterprise
Resource Planning
·
ERP adalah sebuah sistem informasi
perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,informasi
dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
ERP merupakan software
yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam
satu system komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari
departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.
4. Enterprise
Application Integration
·
Enterprise Application Integration (EAI)
adalah proses program aplikasi komputer perusahaan untuk meningkatkan
fungsionalitas dan kinerja. Pada dasarnya EAI melakukan share data antara
aplikasi. EAI dapat memiliki beberapa tujuan, dapat menghubungkan database,
berbagi data dan menyediakan database cadangan dalam kasus suatu masalah yang
timbul. EAI juga dapat menyediakan data penyimpanan, menyalurkan data dari
beberapa database menjadi satu untuk digunakan secara optimal. Bisnis juga
menggunakan EAI untuk menyelesaikan transaksi bisnis tunggal pada beberapa
sistem.
Contoh EAI : Banking,
Insurance, Payroll, Shipping Tracking, CRM
5. E-Customer
Relationship Management
·
Customer Relationship Management (CRM) adalah
bagaimana sebuah perusahaan atau sebuah bisnis mengenal perilaku pelanggan,
kebutuhan pelanggan dan kemudian membangun dan menerapkan sebuah strategi
bisnis yang lebih baik untuk
meningkatkan kemampuan akuisisi pelanggan baru, dan meningkatkan kemampuan
untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.
·
E-Customer Relationship Management (E-CRM)
merupakan manajemen pelanggan untuk ebusiness yang harus berhadapan dengan
kompleksitas dari manajemen yang menarik bagi pelangan dan partner bsisnis
dalam berbagai media yang meliputi media online/ offline, personal contact dan
media komunikasi elektronik lainnya. E-CRM diperlukan untuk menghemat baiaya
dan meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan dalam hal-hal yang
berhubungan dengan pelanggan mereka. E-CRM merupakan manajemen pelanggan yang
terhubung secara elektronik.
6. Supply
Chain Management
·
SCM adalah sekumpulan aktifitas (dalam
bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan
distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk
jadi pada konsumen akhir
·
E-SCM merupakan suatu konsep manajemen
dimana perusahaan memanfaatkan internet dan teknologinya untuk mengintegrasikan
seluruh mitra kerja perusahaan, terutama yang berhubungan dengan sistem
pemasokan bahan-bahan atau sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan dalam proses
produksi (sisi supply).
7. Competitive
Advantage
·
Competitive Advantage yaitu sesuatu yang
tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau
mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain.
Menurut Michael Porter terdapat dua tipe
dasar dari keunggulan kompetitif, yaitu: cost advantage dan differentiation
advantage. Suatu keunggulan kompetitif muncul ketika sebuah perusahaan dapat
menghasilkan produk yang sama dengan yang dihasilkan pesaingnya dengan biaya
yang lebih rendah (cost advantage), atau menghasilkan produk/jasa yang berbeda
dan lebih baik dari yang dihasilkan pesaingnya (differentiation advantage).
Keunggulan kompetitif akan memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai
lebih untuk pelanggannya dan perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang lebih
tinggi.
8.
First-Mover
·
Adalah suatu bentuk keunggulan
kompetitif perusahaan dengan menjadi yang pertama untuk memasuki industri atau pasar
tertentu. Menjadi yang pertama memungkinkan perusahaan untuk memperoleh
pengakuan merek yang unggul dan loyalitas pelanggan. Perusahaan juga memiliki
lebih banyak waktu untuk menyempurnakan produk atau jasa.
Contoh perusahaan first mover : Ebay dan
Coca-Cola. Ebay merupakan perusahaan pertama yang menerapkan lelang online
beroperasi pada tahun 1995. Sedangkan Coca-Cola merupakan produsen Cola
pertama, dan mulai menjual produknya ke publik pada tahun 1886.
9.
Generic Strategy Porter
·
Adalah suatu gagasan yang dikemukakan
oleh Michael Porter yang menjelaskan 3 jenis strategi yang umum digunakan
perusahaan dalam mencapai dan menjaga keunggulan kompetitifnya.
·
3 Gagasan Porter :
i.
Differentiation Strategy adalah suatu
strategi dimana perusahaan berusaha meningkatkan keunggulan kompetitifnya
dengan menciptakan perbedaan antara produk dari perusahaan dengan produk-produk
dari perusahaan saingan.
ii.
Cost Leadership Strategy adalah suatu
strategi dimana perusahaan berusaha meningkatkan keunggulan kompetitifnya
dengan menciptakan perbedaan harga antara produk-produknya dibandingkan
perusahaan lainya.
iii.
Segmentation Strategy adalah suatu
strategi yang meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menerapkan kedua
strategi sebelumnya bukan pada pasar secara umum, namun untuk segmen pasar yang
lebih kecil dan spesifik.
10.
Lock In and Switching Cost
·
Switching cost adalah biaya atau
pengorbanan yang harus ditanggung oleh customer apabila customer memutuskan
untuk berpindah ke supplier lain. Jenis-jenis biaya perpindahan antara lain
exit fees, search costs, learning costs, cognitive effort, emotional costs,
equipment costs, installation and start-up cost, financial risk, psychological
risk, and social risk
Contoh Switching Cost : Perusahaan yang
menggunakan komputer berbasis Microsoft ke komputer yang berbasis Apple akan
berakibat pengeluaran biaya untuk melatih karyawan dengan sistem baru dan juga
software-software sebelumnya mungkin tidak dapat dipakai di sistem yang baru.
11.
Brick
and Mortar vs Brick and Click
·
Brick and Mortar adalah proses penjualan
atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih, membeli, dan
mendapatkan barang) pada toko-toko atau dealer-dealer dengan mendatangi tempat
secara langsung.
·
Click and Mortar adalah proses penjualan
atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih dan membeli
barang) melalui internet kemudian melakukan pengambilan barang dengan
mendatangi tempat (toko atau dealer).
12.
Perusahaan Internet Pure Play
·
Pure Play adalah perusahaan dimana proses
formulasi strategi bisnis dan pemasarannya murni melalui internet saja
Contohnya : amazon.com, ebay.com.
1 komentar:
makasih
Posting Komentar