Kamis, 07 Maret 2013

Logika dan Manusia


Logika dan Manusia
Orang yang selalu berpikir menunjukan bahwa ia mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu, ia berhak mendapatkan pengetahuan. Rasa ingin tahu ditandai dengan munculnya suatu pertanyaan. Namun demikian, perlu diingat bahwa rasa ingin tahu tidak berhenti sampai pada mengajukan pertanyaan,
tetapi harus sampai pada usaha mendapatkan jawaban yang benar.
Untuk memperoleh pengetahuan dikenal beberapa paham, diantaranya adalah :
1.     Rasionalisme
2.     Empirisme
3.     Idealism
4.     Positive-Empirisme
5.     Paragmatisme
Pengetahuan seseorang dapat berkembang karena yang bersangkutan mempunyai rasa ingin tahu dan berusaha untuk menemukan jawabannya. Cara paling banyak digunakan oleh pemikir untuk menjawab keingintahuannya adalah membaca.
Pengertian logika
Logika berasal dari yunani, LOGOS, artinya: perkataan, uraian, alas an, pemikiran. Dalam ilmu, kata logos memberikan batasan penyelidikan yang sistematis untuk memperoleh hukum-hukum atau prinsip-prinsip universal, sesuai dengan ratio akal sehat, dan prosedur eksperimental untuk mencapai tujuan ilmu harus memperhatikan kaidah-kaidah berpikir universal.
Ilmu dan Pengetahuan
Pengetahuan dapat diperoleh dengan menemukan kenyataan lain yang serupa atau sama tanpa ragu. Sebagai contoh, pengetahuan rasa cabe adalah pedas. Sedangkan ilmu membutuhkan penjelasan lebih lanjut dari sekedar mengetahui. Contoh penyebab rasa pedas cabe.
Perbedaan logika dan psikologi
Walaupun psikolog juga mempelajari aktivitas berpikir. Namun demikian, dalam psikolog tidak menekankan pada benar atau salahnya hasil pemikiran seseorang. Ia sebatas mempelajari pikiran manusia dan cara kerjanya. Dalam logika terdapat dua penyelidikan, yaitu pemikiran dan hukum-hukum berpikir sehat. Pemikiran sebagai objek material, hukum-hukum sebagai objek formal.
Logika adalah ilmu yang mempelajari azas-azas dan aturan penalaran dengan tujuan mendapatkan kebenaran sebagai hasil proses penlaran. Penalaran adalah pengambilan kesimpulan berdasarkan pertanyaan atau fakta yang di yakini kebenarannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;