Selasa, 26 Februari 2013

Konsep Sistem Informasi-Pengertian Bisnis & Level Of Information System

BAB 2
Pengertian Sistem Informasi

Pengertian bisnis.
Bisnis merupakan suatu kegiatan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (profit)


Pengertian Sistem Informasi (SI)
Menurut alter (1992), SI adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Menurut Gelinas, Oram dan Winggins (1990), SI adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri dari sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang di buat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi kepada keluaran kepada para pemakai.
Sistem infomasi adalah sekumpulan sub-sub sistem yang saling bekerja sama, untuk menghasilkan tujuan tertentu yakni menghasilkan informasi.

Pengertian Teknologi Infomasi (TI)
Menurut Alter (1992), TI mencakup perangkat keras perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti, menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
Data Informasi
            Data adalah sesuatu yang belum punya arti/ kumpulan fakta yang belum bernilai.
             Sedangkan Informasi adalah kumpulan yang telah bernilai

            Bagi pihak manajemen organisasi bisnis, data informasi sangat penting karena membawa manfaat bagi bisnis mereka. Yaitu untuk :
A.      Data Procesing (proses pengolahan data menjadi informasi):
·         Classification (Pengelompokan)
·         Rearranging/ sorting (Diurutkan)
·         Aggregating (rata-rata)
·         Perfoming Calculations (Pengalian terhadap jam kerja)
·         Selection (Potensial Customer)
B.      Value Of Information (nilai informasi)
·         Tangible Value : Nilai atau ke untungan yang dapat di ukur secara langsung
·         Intagible Value : Nilai atau ke untungan yang tidak bisa di ukur secara langsung

C.      Source Of  Information (sumber daya informasi)
·         Formal Communication : Format khusus/standart laporan ketentuan dari pihak organisasi.
·         Informal Communication : informasi yang tidak resmi atau hanya dari mulut ke mulut.

D.     Quality Of Information (kualitas informasi)
Informasi yang berkualitas yaitu informasi yang benar, akurat dan nyata.
Dalam sistem informasi, terdapat 3 macam dimensi.
1.      Time Dimension (dimensi waktu):
a.       Timeline : informasi yang selalu bisa di dapat kapanpum dan dimanapun.
b.      Curency : informasi yang disajikan harus terbaru (up-to-date)
c.       Frequency : informasi yang disajikan secara berkala(harian, mingguan, bulanan, tahunan)
d.      Time Period :
-            Informasi masa lalu, saat ini ada sehingga bisa dilakukan proses peramalan (forecasting)
-            Dapat memberikan informasi tentang masa lalu, saat ini dan masa mendatang


2.      Content Dimension
a.       Accuracy : informasi harus bebas dari kesalahan
b.      Relvance :
-          Informasi harus up to date
-          Informasi terkait dengan informasi yang dibutuhkan (bermanfaat)
c.       Completness : mampu memberikan semua informasi yang di butuhkan
d.      Conciseness : informasi ringkas, hanya sesuai pada bagian yang di inginkan saja

3.      Form dimension
a.       Clarity : informasi mudah untuk di pahami
b.      Detil : informasi di sajikan secara detil dan ringkas
c.       Presentation : informasi berbentuk naratif, numerik, grafis, dan bentuk lainnya
d.      Media : informasi bisa di sajikan dalam berbagai macam bentuk media.

            Jadi, dengan adanya konsep sistem informasi sangat membantu seseorang dalam mengelola organisasi dan bisnis , sehingga tujuan organisasi dan bisnis dapat tercapai sampai tujuan.


BAB 3
Level of Information System

Level Of Organization :
·         Operational/ Struktur
o   Tipe pekerja : Lower management, department manager, analyst, staf
o   Focus : Internal, functional
o   Miss requiment : Information
o    Decision Type : Structured, repetitive
§  Contoh : Berapa banyak orang yang sakit hari ini
§  Apa kebutuhan [roduksi minggu depan

·         Managerial / Semi Struktur
o   Type pekerja : Midle management, managers, directors
o   Focus : Internal, Cross functioanal, (some times external )
o    Miss requiment : Businnes intelligent
o   Decision type : Semi structured
o   Fokus tujuan : Officiency and effectivines
§  Contoh : What are sales forecast for next month
·         Strategic / Tak Terstruktur
o   Type pekerja : Senior management, President, Leader
o   Focus : Eksternal, Industry, Cross, Company
o   Time frame : Long term – yearly
o   Miss requiment : Know ledge
o   Tujuan focus : Efectives
§  Contoh : Trend industry yang mana yang harus di analisis





Sistem Informasi Dan Fungsional Manajemen
Di dalam sebuah manajemen strategi, kegiatan bisnis perusahaan berfokus 3C , yaitu :
Ø  Customer : pelanggan merupakan aset yang sangat berharga di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya pelanggan, maka perusahaan memperoleh pasar, memperoleh profit. Untuk itu banyak perusahaan yang beramai-ramai meningkatkan kinerja mereka untuk memperkuat interaksi mereka dengan pelanggandengan tujuan memberikan kepuasan kepada pelanggan, sehingga memberikan penilaian yang positif bagi pelanggan terhadap perusahaan. Perusahaan juga tentu akan terus mempertahankan pelanggan setia mereka sebagai sumber pendapatan mereka.

Ø  Company : perusahaan dalam melakukan aktivasinya memiliki motivasi yang cukup beragam. Pada prinsipnya, apapun motivasi yang melandasi berdirinya suatu perusahaan, dapat di pastikan bahwa pendiri perusahaan memiliki suatu tujuan. Perusahaan hanya dapat mengendalikan komponen-komponen seperti biaya produksi, biaya adsminitrasi, harga jual, dan promosi. Jika perusahaan capital intensive mesin produksi mungkin merupakan aset utama yang perlu di monitor kinerjanya ketersediaan, jam kerja, rasio jumlah produksi terhadap kapasitas maksimal. Pada perusahaan sistem integrasi, manusia merupakan aset utama. Perusahaan yang lebih mampu menghadapi persaingan yang ketat pada bisnis teknologi informasi.

Ø  Competitors, Promosi adalah strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas.


0 komentar:

Posting Komentar

 
;